Apa Itu Viral Marketing? Ketahui Arti, Kelebihan dan Tipsnya

telework, technology, laptop-6795505.jpg

Sebagian dari kamu pasti masih ada yang belum mengenal apa itu viral marketing, kan?

Viral marketing merupakan suatu bentuk pemasaran yang sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu, guys. Namun, seiring berjalannya teknologi, kini viral marketing memiliki format yang lebih luas untuk menjangkau calon audiens.

Sebagai seorang promoter TipTip, kamu bisa memanfaatkan teknik viral marketing untuk mempromosikan link affiliate dari konten kreator favoritmu. 

Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih dalam terkait apa itu viral marketing, maka bisa simak ulasannya di bawah ini, ya.

Apa Itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah salah satu upaya menyebarkan informasi terkait suatu produk maupun jasa dari mulut ke mulut melalui internet atau email. 

Dulu, viral marketing hanya sebatas informasi yang disebarkan oleh seseorang kepada orang lain di dekatnya. Maksudnya, seseorang bisa mengetahui informasi terkait jasa maupun produk karena mendapatkan informasi dari keluarga, rekan, sahabat dan orang terdekat lainnya.

Namun, sekarang sudah berbeda dengan zaman dulu, kini praktik viral marketing dapat berjalan dengan mudah, lho

Hal ini berkat adanya media sosial yang membuat kamu bisa mendapatkan banyak perhatian dari audiens sekaligus penyebaran informasi yang tergolong lebih cepat.

Kata “viral” disini mengacu terhadap sesuatu yang menyebar dengan cepat serta menyebar luas kepada audiens.

Bahkan, viral marketing seolah bekerja seperti sebuah virus. Soalnya, virus harus menembus sel terlebih dahulu, sebelum mulai menduplikasi dirinya, lalu menginfeksi sel baru. 

Nah, hal itu pun sama dengan viral marketing. Sebelum disebarkan kepada banyak orang, teknik marketing ini harus kamu buat semenarik mungkin. 

Jika konten yang kamu promosikan dapat menarik audiens secara cepat di media sosial, maka para kreator yang kamu promosikan kontennya pun akan segera dikenali oleh audiens. 

Kelebihan Viral Marketing

Viral marketing memang menjadi salah satu teknik promosi atau pemasaran efektif yang bisa kamu coba sebagai seorang promoter atau affiliate dari TipTip. Sebab, ada beberapa kelebihan dari viral marketing yang bisa kamu dapatkan, yaitu: 

  • Mudah Menjangkau Audiens

Semua promoter TipTip, baik yang masih pemula atau sudah pro memiliki kesempatan yang sama dalam menjangkau audiens secara luas. Konten yang kamu promosikan berpotensi dilihat oleh audiens dari berbagai level maupun lokasi.

Dengan kata lain, tidak ada batasan audiens yang akan melihat konten tersebut. Oleh karena itu, teknik ini bisa menjadi suatu cara untuk kamu yang ingin sukses menjadi promoter TipTip.

Melalui target audiens yang tepat, kamu bisa menjangkau mereka dengan mudah, sehingga mendapatkan komisi yang semakin besar sesuai perkembangan audiens saat melihat konten itu sendiri.

  • Biaya Murah

Kelebihan viral marketing yang belum terlalu banyak orang tahu adalah biayanya murah meriah. 

Bayangkan saja, kalau kamu melakukan marketing di media massa atau billboard, pasti harus mengeluarkan budget besar untuk membayar maupun menyewanya, kan?

Sementara dengan viral marketing, kamu hanya perlu mengunggah konten yang dipromosikan di media sosial kamu saja. 

Tentunya, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih murah, namun bisa mendapatkan hasil nyata yang luar biasa menarik. 

  • Meningkatkan Brand Awareness

Viral marketing ternyata mampu meningkatkan brand awareness-mu juga, lho.

Sebuah viral marketing dapat dikatakan berhasil kalau mampu menyisipkan informasi mengenai konten dengan cara yang menarik bagi audiens. 

Nantinya, audiens akan membagikan konten milikmu yang mereka suka kepada para followersnya. 

Jadi, secara tidak langsung, mereka semua akan mengenal konten-konten yang telah kamu bagikan di media sosial. Saat konten terasa menarik bagi mereka, maka mereka akan mulai mengikuti kamu di media sosial dan melihat semua konten yang kamu bagikan.

  • Audiens Akan Ikut Berpartisipasi

Salah satu kelebihan menarik dari viral marketing adalah audiens akan inisiatif untuk membagikan konten milikmu. 

Tanpa perlu kamu minta, mereka akan membagikan konten yang mereka suka dan secara tidak langsung memiliki peran sangat besar untuk memperluas pemasaran. 

Oleh karenanya, viral marketing bisa kamu pelajari dengan baik agar dapat melakukan promosi atau marketing online secara tepat. 

Contoh Viral Marketing

Berikut beberapa contoh viral marketing yang bisa kamu jadikan inspirasi, yaitu:

  1. Arief Muhammad x Prepp Studio

Arief Muhammad merupakan salah satu content creator yang selalu menghadirkan ide-ide kreatif dalam marketing-nya. 

Salah satu campaign terbarunya yang viral di tahun 2022 adalah membagikan 100 vespa limited edition kepada para KOL dan content creator dalam rangka membangun komunitas Prepp Scooter Club. 

Hal ini tentu cukup menggemparkan, terutama bagi para warga netizen di media sosial Instagram dan Twitter. 

Bahkan, kalangan artis ternama, seperti Raffi Ahmad, Vincent & Desta, Bintang Emon dan lainnya pun turut mendapatkan masing-masing 1 vespa tersebut. 

  1. Review Produk di TikTok oleh Tante Lala

Sosok Tante Lala menjadi sangat viral semenjak melakukan live TikTok sambil mereview berbagai produk, mulai dari kosmetik sampai produk rumah tangga.

Tante Lala ini identik dengan “review marah-marah” pada setiap live TikTok yang ditampilkan. Tak heran, banyak orang yang penasaran dan mulai menonton video Live TikTok dari tante Lala. 

Sehingga, para brand besar pun mulai melirik dan ingin produknya di review oleh Tante Lala. 

  1. Campaign Hari Valentine oleh Silverqueen

Contoh viral marketing berikutnya adalah campaign Hari Valentine yang dibuat oleh brand produk coklat ternama, yaitu Silverqueen. 

Dalam campaign ini, Silverqueen membagikan berbagai produk coklat yang diantarkan oleh puluhan kurir dengan atribut serba pink secara serempak. Sehingga, otomatis berhasil menarik perhatian masyarakat, baik dari Instagram, Twitter maupun secara langsung. 

Tips Melakukan Viral Marketing

Jika kamu tertarik untuk melakukan viral marketing, maka ada beberapa tips yang tidak boleh kamu abaikan, yaitu:

  • Manfaatkan Tren

Kata “viral” tentu memiliki kaitan yang erat dengan tren. Hal inilah yang membuat kamu harus memastikan bahwa setiap usaha viral marketing-mu mesti dapat melihat tren apa yang sedang naik daun di media sosial. 

Misalnya, kamu melihat bahwa platform TikTok banyak digunakan dan sedang tren di kalangan audiens-mu, maka kamu bisa menggunakan TikTok juga untuk memasarkan setiap konten yang kamu promosikan.

Selain itu, kamu dapat menggunakan hashtag agar konten bisa cepat viral. Tentunya, orang lain yang membagikan kontenmu pun akan menggunakan hashtag sama, sehingga lebih mudah ditemukan oleh banyak orang.

  • Pahami Audiens

Tips melakukan viral marketing berikutnya adalah kamu harus memahami karakteristik audiens. 

Ketahui apa yang sedang banyak dicari oleh audiens, format konten seperti apa yang mereka suka, sampai keyword yang sering digunakan.

Pada tahapan ini, kamu bisa memanfaatkan berbagai macam analytics tools, seperti Ahrefs, Google Analytics dan lainnya. 

  • Buat Konten yang Mudah Dibagikan

Buatlah konten yang singkat dan mudah dibagikan kepada para audiens, jangan sampai konten yang kamu buat memiliki banyak teks karena audiens akan menjadi bosan saat melihatnya nanti. 

Cukup dengan mengisi konten dengan kata-kata yang singkat, namun langsung mengenai target audiens. 

Selain itu, pastikan bahwa akun media sosial kamu tidak di private agar mudah dibagikan kepada banyak orang.

  • Tingkatkan Emosi Audiens

Melakukan teknik viral marketing tidak akan membuat konten yang kamu promosikan langsung viral begitu saja. 

Kunci keberhasilan dalam viral marketing adalah mampu mengunggah emosi para audiens. 

Kamu dapat membuat konten yang memiliki alur cerita menarik serta menyentuh. Sehingga, kontenmu akan lebih disukai oleh audiens, sehingga berpeluang besar untuk dibagikan kembali oleh mereka. 

Kesimpulan

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui apa itu viral marketing, kan

Teknik marketing ini bisa kamu pertimbangkan untuk digunakan dalam mempromosikan konten TipTip di media sosial. Terlebih jika kamu adalah seorang promoter, mengetahui banyak teknik marketing tentu akan membuat strategi marketing menjadi lebih baik. 

Meskipun begitu, teknik viral marketing pun harus kamu pelajari secara mendalam dan dilakukan dengan tepat kepada target audiens yang sudah ditentukan. Bahkan, konten promosi yang kamu gunakan pun harus menarik, sehingga audiens tertarik untuk mengklik link affiliate yang kamu promosikan.

Itulah informasi seputar apa itu viral marketing yang bisa kamu ketahui. Kamu bisa melakukan tips-tips di atas untuk memulai teknik marketing ini, ya. Cobalah untuk menggunakannya, lalu lihat hasilnya dengan teknik marketing yang sebelumnya kamu lakukan. Selain itu, bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan uang tambahan, yuk segera bergabung menjadi promoter di aplikasi TipTip sekarang!