Dalam konten marketing, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah copywriting, ‘kan?
Copywriting menjadi salah satu bentuk tulisan yang dibuat dengan gaya persuasif agar dapat memotivasi audiens untuk mengambil tindakan, seperti melakukan pembelian, mengklik tautan, ajakan, dan lainnya.
Seorang Kreator harus bisa menguasai copywriting yang menarik dan baik agar konten yang dibuat bisa mendatangkan banyak audiens.
Dengan begitu, konten yang kamu buat bisa dilihat oleh banyak orang. Ditambah lagi, jika kamu membuat kata-kata copywriting yang menarik pada konten, mereka pun akan tergiur untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan dalam konten tersebut.
Sebenarnya, apa saja alasan pentingnya membuat copywriting yang menarik untuk konten dan bagaimana cara membuatnya? Yuk, cek selengkapnya di bawah ini agar kamu dapat membuat copywriting yang menarik versi kamu sendiri!
Alasan Pentingnya Membuat Copywriting yang Menarik untuk Sebuah Konten
Ada beberapa alasan kenapa membuat copywriting yang menarik begitu penting untuk sebuah konten, yaitu:
- Membuat Konten Milikmu Terlihat Unik dan Berbeda dengan Kreator Lain
Copywriting akan membantu konten yang kamu buat lebih menonjol, baik secara karakteristik maupun hal lainnya.
Kamu dapat menggunakan slogan atau tagline yang unik, sehingga konten yang dibuat di platform digital akan lebih mudah menarik perhatian audiens.
Selain itu, konten yang dipadukan dengan copywriting menarik dan terbaik akan membuat audiens mudah mengingat konten milik kamu.
- Meningkatkan Interaksi dengan Audiens
Adanya copywriting dalam sebuah konten akan menghasilkan konten yang informatif dan relevan dengan kehidupan para audiens yang sudah ditargetkan.
Tentunya, hal ini bisa meningkatkan interaksi yang signifikan dengan audiens, terutama di platform digital seperti media sosial.
Bahkan, dengan adanya copywriting dalam konten akan membantu untuk membangun loyalitas, kepuasan serta kepercayaan para audiens terhadap konten yang kamu bagikan.
Copywriting yang baik dan menarik membuat para audiens selalu penasaran dengan berbagai konten yang nantinya kamu bagikan. Mereka pun tidak ingin ketinggalan jadwal pembagian konten milikmu, sehingga selalu menunggu konten-konten kamu ke depannya.
- Membantu Menaikkan Traffic atau Peringkat Konten di Search Engine
Melalui copywriting, kamu bisa menghasilkan konten tulisan yang lebih menarik dan berkualitas. Tanpa disadari, hal ini ternyata bisa berpengaruh secara langsung terhadap ranking di hasil mesin pencari, seperti Google maupun media sosial yang kamu gunakan.
Berdasarkan teori ilmu SEO, salah satu kriteria dari mesin pencari untuk menjadikan konten berada di peringkat teratas adalah dengan memiliki konten yang unik dan orisinil.
Sehingga, calon audiens akan lebih mudah menemukan konten yang kamu buat di mesin pencarian Google.
Nah, kalau kamu sudah tahu pentingnya copywriting yang menarik untuk sebuah konten, kini saatnya mulai membuat copywriting yang menari itu sendiri, yuk cek cara-caranya di bawah ini.
Cara Membuat Copywriting yang Menarik
Berikut cara membuat copywriting yang menarik untuk konten milikmu, yaitu:
- Kenali Produk yang akan Kamu Tawarkan
Jika kamu ingin membuat calon konsumen atau audiens melakukan tindakan untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan, maka kamu harus mengenalkan produk dan jasa tersebut dengan baik.
Oleh sebab itu, pastikan kamu dapat mengenali produk yang akan ditawarkan tersebut. Mulai dari deskripsi produk, keuntungan yang akan didapatkan konsumen, hingga target pasar (berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi geografis dan hobi).
Selain itu, kamu juga harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan. Hal ini akan memudahkan kamu dalam membuat formula yang tepat dalam membuat jenis copywriting.
- Tentukan Jenis Tulisan Copywriting yang Akan Digunakan untuk Konten
Selanjutnya, kamu harus menentukan jenis tulisan copywriting yang akan digunakan. Misalnya, untuk konten promosi di YouTube, artikel di website, maupun iklan di media sosial. Hal ini dilakukan karena konten copywriting untuk setiap platform berbeda-beda.
Konten copywriting untuk video promosi di YouTube biasanya memiliki jumlah kata yang lebih banyak hingga menghabiskan beberapa halaman tergantung durasi videonya.
Sementara untuk konten di media sosial, biasanya copywriting yang dibuat tidak terlalu panjang. Contohnya di Instagram hanya maksimal 150 kata dengan penggunaan bahasa yang singkat, padat dan jelas.
- Buat Headline yang Kreatif dan Memikat
Headline atau judul harus kamu buat sekreatif mungkin agar bisa memikat dan menarik perhatian audiens. Headline yang memikat tentu saja didukung oleh konten yang menarik, sehingga pastikan kamu bisa membuat sebuah konten yang membuat penasaran para audiens tersebut.
- Buat Slogan Menarik
Slogan bisa disisipkan dalam bentuk hashtag di semua jenis tulisan copywriting yang kamu buat, seperti media sosial, website maupun YouTube.
Slogan yang kamu buat harus mengandung kata-kata menarik, sehingga membuat audiens yang melihatnya merasa penasaran dan ingin mengenal lebih dalam lagi.
- Gunakan Kalimat yang Singkat, Padat dan Jelas
Cara membuat copywriting yang menarik berikutnya kamu harus mampu membuat kalimat yang singkat, padat dan jelas. Tentu saja, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi copywriter. Sebab, rata-rata calon konsumen lebih tertarik untuk melihat atau mendengarkan konten promosi kurang dari 10 detik saja.
Oleh sebab itu, kamu harus bisa membuat kalimat sepadat mungkin, namun tetap menarik perhatian para calon audiens.
- Gunakan Kata-kata yang Sederhana dan Menarik
Pastikan kamu selalu menggunakan pemilihan kata yang sesederhana mungkin dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Sebab, kata-kata yang sederhana akan membuat konten yang kamu bagikan terlihat menarik dan berkesan.
Tak hanya tulisan yang menarik dan berkesan, kamu harus membuat kata-kata copywriting yang menyentuh dan dapat membujuk calon konsumen agar melakukan suatu tindakan.
Jika hal ini berhasil kamu lakukan, maka kamu sudah bisa membuat sebuah copywriting yang menarik untuk konten. Pastikan konten yang kamu buat setiap hari terasa fresh dan original agar audiens tidak merasa bosan melihat konten tersebut.
- Buat Call To Action (CTA)
Di dalam konten copywriting, pastikan kamu selalu memberikan call to action (CTA) yang akan mengarahkan audiens atau konsumen ke link produk atau jasa yang kamu promosikan.
Dengan adanya CTA, audiens akan lebih mudah dalam membeli produk atau jasa yang ditawarkan tersebut. Sehingga, mereka cukup meng-klik yang kamu bagikan dan langsung melakukan order produk sesuai kebutuhannya masing-masing.
Setelah membaca informasi di atas, kini kamu bisa mengetahui bahwa copywriting yang menarik untuk sebuah konten sangat penting dilakukan. Melalui copywriting, konten yang kamu bagikan akan lebih berkesan dan mudah menarik calon konsumen.
Informasi ini tentu saja sangat berguna untuk para Kreator dalam membuat konten. So, pastikan kamu memahaminya dengan baik dan lakukan cara-cara di atas agar mampu membuat copywriting yang menarik untuk konten. Selain itu, bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang Kreator, yuk gabung bersama aplikasi TipTip sekarang. Cukup daftarkan dirimu di aplikasi TipTip sebagai Kreator di https://creator.tiptip.co/ lalu buat konten sesuai minat dan skill yang kamu miliki.