Tips dan Trik Iklan Supaya Bisa Mendapatkan Banyak Viewers

video, camera, optics-2562034.jpg

Iklan menjadi salah satu strategi marketing yang penting dalam sebuah bisnis. Tanpa adanya iklan, produk atau layanan yang kamu miliki tidak akan dikenal oleh para audiens. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui apa saja tips dan trik iklan supaya bisa mendapatkan banyak viewers.

Tak hanya mencari banyak viewers, pastikan bahwa para viewers itu tertarik untuk mengenal produk atau layanan kamu secara mendalam. Sehingga, mereka mulai memutuskan untuk melakukan pembelian dan menjadi pelanggan tetap kamu.

Nah, buat para promoter yang ingin iklannya mendapatkan banyak viewers, yuk langsung saja simak tips dan triknya di bawah ini.

Tips dan Trik Iklan Menarik Agar Memiliki Banyak Viewers

Berikut beberapa tips dan trik iklan menarik agar bisa dilirik oleh banyak viewers, yaitu:

  1. Memahami Tujuan Iklan

Tips dan trik pertama yang mesti kamu lakukan adalah memahami tujuan iklan. Misalnya, untuk apa iklan itu dibuat, siapa target audience dari iklan tersebut, apakah penayangan iklan digunakan untuk jangka panjang atau tidak dan lainnya. 

Dengan memahami tujuan iklan, kamu akan tahu seberapa efektif iklan itu untuk bisnis.

  1. Cari Platform Beriklan yang Tepat

Setiap platform memiliki karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Misalnya, pengguna Twitter memiliki karakteristik yang berbeda dengan para pengguna Facebook, Instagram, bahkan website.

Kamu harus bisa mempelajari masing-masing karakter dengan cermat, sehingga dapat dicocokkan dengan target marketing. 

Jika target marketing atau iklan yang kamu buat kebanyakan ada di Instagram, kamu bisa menggunakan platform tersebut untuk beriklan. Sehingga, iklanmu akan tersampaikan dengan baik kepada para target audiens dan membuat iklan yang kamu pasang memiliki banyak viewers nantinya.

  1. Tentukan Jenis Konten

Tips dan trik iklan berikutnya adalah kamu harus menentukan jenis konten seperti apa yang akan digunakan. Kalau sudah memutuskan jenis kontennya, kamu bisa mencocokkan dengan media sosial yang akan digunakan.

Misalnya, untuk iklan berupa video pendek, platform yang cocok digunakan adalah Facebook dan Instagram. Selain itu, kamu bisa membuat banner khusus untuk iklan Facebook dan foto menarik untuk melakukan iklan di Instagram. 

Jadi, para audiens akan merasa penasaran, lalu melihat iklan yang kamu buat. Kalau sudah begitu, viewers iklan pun menjadi meningkat, ‘kan?

  1. Buat Kalender Konten

Kalender konten atau content planning menjadi salah satu tips dan trik yang akan membuat iklan banyak dilihat viewers. Kalender konten akan membantumu untuk membuat jadwal kapan konten iklan diunggah ke media sosial.

Perlu diperhatikan juga kapan waktu terbaik konten iklan yang kamu unggah bisa mendapatkan viewers. Soalnya, setiap media sosial memiliki jam tertentu agar bisa mendapatkan traffic tinggi. 

Misalnya, jika ingin beriklan di Instagram, waktu terbaik untuk mengunggah konten adalah saat jam istirahat siang, yaitu sekitar 12.00 – 13.00 dan malam sekitar pukul 20.00 – 22.00. 

Dengan rutin mengupload konten iklan, produk atau jasa yang kamu tawarkan akan semakin dikenal dan mendapatkan banyak viewers yang tertarik nantinya.

  1. Buat Slogan dan Caption Menarik

Perlu kamu catat bahwa konten visual bagus mesti didukung dengan slogan yang menarik dan mudah diingat. 

Kamu dapat menggunakan bahasa yang lugas dengan pilihan kata-kata yang tepat, yaitu secara singkat, padat dan jelas. Dengan kata-kata seperti itu, para audiens atau viewers yang melihat pun akan selalu mengingat slogan dari konten iklan yang dibuat tersebut.

Selain itu, kamu bisa menambahkan caption menarik yang membuat viewers tergoda untuk mencoba produk atau layanan yang ditawarkan. Tentu saja, hal ini mampu meningkatkan brand awareness dan berpeluang besar konten iklanmu banyak dilirik viewers.

  1. Berikan Penawaran Menarik

Penawaran menarik menjadi salah satu trik ampuh untuk mengundang banyak viewers agar melihat iklan kamu.

Kamu bisa memberikan penawaran berupa diskon atau potongan harga spesial. Pastikan untuk menyertakan syarat dan ketentuannya agar viewers dapat langsung membacanya sekaligus.

Misalnya, kamu membuat konten iklan untuk kursus Digital Marketing. Nah, pada iklan tersebut, kamu bisa menambahkan bahwa ada harga spesial berupa diskon atau potongan harga untuk 10 pendaftar pertama. Dijamin, viewers yang tertarik untuk mempelajari digital marketing pasti akan langsung mendaftar saat itu juga.

  1. Gunakan Tagar yang Tepat

Tagar akan memudahkan konten iklan yang kamu buat muncul di laman pencarian. Itu sebabnya, tagar sangat penting untuk kamu gunakan, terutama jika akan beriklan di Instagram serta Twitter.

Contohnya, kamu bisa menggunakan tagar #digitalmarketing, jika konten iklanmu berhubungan dengan digital marketing tersebut. Jadi, ketika seseorang tengah mencari tagar tersebut, konten iklan seputar digital marketing yang kamu buat bisa muncul di pencarian mereka.

  1. Jangan Ragu Menggunakan Konten Berbayar

Kebanyakan para promoter masih ragu untuk menggunakan konten iklan berbayar. Alasannya takut rugi atau iklan yang dibuat tidak menjangkau seluruh target audiens sesuai yang diharapkan.

Padahal, menggunakan konten berbayar akan membuat kamu lebih beruntung daripada konten gratis. Kamu dapat menjangkau target audiens secara luas karena iklanmu akan lebih diprioritaskan. Maksudnya, konten iklan berbayar akan mudah muncul sesuai dengan pencarian yang dilakukan oleh pihak pengguna platform media sosial. 

Sehingga, iklan milikmu akan sering dilihat oleh audiens dan membuat produk atau layanan diiklankan mudah dilihat oleh viewers. Selain itu, konten berbayar juga cukup terjangkau, sebanding dengan hasil yang akan kamu dapatkan.

  1. Gandeng Artis, Influencer atau Tokoh Terkenal

Tips dan trik iklan agar banyak dilirik oleh viewers berikutnya adalah jangan ragu untuk menggandeng para tokoh publik terkenal, seperti artis maupun influencer. Sebab, mereka sudah memiliki followers yang bejibun dan akan menguntungkan untuk bisnis kamu.

Namun, pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan target bisnis kamu, ya. Hal ini dilakukan agar endorse atau iklan yang dilakukan oleh para influencer tidak sia-sia.

Misalnya, jika kamu memasarkan produk dengan target anak-anak muda kekinian, maka influencer seperti Awkarin bisa menjadi pertimbangan. Kalau kamu bergerak di bidang kuliner, maka bisa menggaet para influencer yang fokus di bidang makanan, salah satunya Tanboy Kun dan lainnya.

  1. Rutin Memantau dan Tanggapi Komentar Netizen

Supaya bisnis kamu makin dipercaya oleh audiens, pastikan untuk selalu memantau dan menanggapi komentar dari para audiens. Aktifkan notifikasi di platform media sosial kamu, sehingga jika ada audiens yang berkomentar di postingan iklan, kamu bisa langsung menanggapinya. 

Ingatlah, para audiens akan senang bertransaksi dengan pemilik bisnis yang selalu menanggapi komentar mereka dengan baik. Jadi, pastikan kamu selalu menjalin hubungan dengan para target audiens, ya.

Itulah beberapa informasi seputar tips dan trik iklan agar bisa mendapatkan banyak viewers. Nah, buat para promoter TipTip kamu harus mengetahui hal ini agar konten yang kamu promosikan bisa mendapatkan banyak viewers. Sehingga, makin banyak orang yang tertarik untuk mengklik konten dan membuatmu bisa mendapatkan penghasilan banyak setiap harinya.