Di zaman serba online ini, media sosial memang menjadi tools yang populer dan penting untuk strategi marketing kamu. Ada banyak media sosial yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis. Dari sekian banyaknya media sosial tersebut, kamu tidak perlu menggunakan semuanya, kok.
Pilih salah satu media sosial yang cocok untuk bisnis kamu, baik itu dilihat dari target konsumen, fitur yang dimiliki, dan lainnya.
Nah, berikut ada beberapa media sosial populer yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan bisnis. Buat para promoter, pastikan kamu membacanya sampai selesai supaya dapat memilih media sosial yang tepat, ya!
Rekomendasi Media Sosial Populer yang Cocok untuk Bisnis Kamu
Bagi kamu yang lagi bingung media sosial apa yang cocok dengan bisnis kamu sekarang, yuk langsung saja simak rekomendasinya di bawah ini.
Faktanya, Instagram memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia. Jumlah yang banyak ini rata-rata didominasi oleh para pengguna usia muda, yaitu sekitar 18-24 tahun.
Apabila target konsumen kamu banyak menggunakan Instagram, kamu bisa mempromosikan bisnis melalui media sosial ini. Apalagi ada survey yang menyatakan bahwa sekitar 45% pengguna Indonesia seringkali membeli produk yang mereka lihat dari Instagram.
Selain itu, Instagram memiliki banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis, seperti Instagram Story, Feed, dan IGTV.
Melalui fitur tersebut, kamu bisa membuat konten untuk mempromosikan bisnis, video testimonial, launching produk bisnis, hingga Live Instagram. Bahkan, kamu bisa membuat video tutorial melalui IGTV, lho. Biasanya, target konsumen senang melihat hal tersebut, sehingga mereka tertarik untuk melakukan pembelian.
Instagram juga memiliki fitur khusus yang digunakan untuk marketing, yaitu Instagram Ads. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur sendiri apakah iklan ingin muncul di Feed atau Story, lalu atur audiens mana yang akan kamu sasar.
Menariknya, di Instagram kamu bisa mengarahkan para audiens ke akun Instagram kamu atau membuat link API yang mengarah ke website bisnis.
Oh iya, kamu pun bisa bekerjasama dengan para influencer untuk mengenalkan brand bisnismu kepada para followersnya. Semakin banyak followers influencer tersebut, maka semakin banyak orang yang akan penasaran dan tertarik dengan bisnis kamu.
- TikTok
Siapa nih yang suka main TikTok? Daripada kamu menggunakan TikTok hanya buat scroll video saja, lebih baik manfaatkan media sosial ini untuk mempromosikan bisnis kamu, guys.
Media sosial yang populer di kalangan anak muda ini sudah memiliki sekitar 10 juta pengguna aktif di Indonesia. Hal ini menjadi sasaran empuk untuk kamu yang ingin mempromosikan bisnis dengan target anak muda.
Lantas, bagaimana cara mempromosikan bisnis melalui TikTok? Begini caranya, guys:
- Buat Video Kreatif
Video kreatif yang kamu buat di TikTok ga harus joget-joget, kok. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, misalnya untuk bisnis kuliner, kamu bisa membuat tutorial resep makanan. Lalu, jika bisnismu adalah produk kosmetik, maka bisa membuat tutorial makeup dan lainnya.
- Gunakan Fitur Hashtag Challenges
Perlu kamu tahu bahwa para pengguna TikTok sangat suka dengan hashtag challenge. Ternyata, hashtag challenge ini bisa kamu manfaatkan juga untuk promosi bisnis. Kamu hanya perlu membuat konsep challenge, lalu ajak para target audiens untuk sama-sama membuatnya.
Tujuan dari penggunaan hashtag challenge ini adalah untuk menciptakan brand awareness serta membangun engagement dengan para pengguna produk bisnis kamu.
Jika ingin menjangkau lebih banyak pengguna TikTok, kamu bisa menggunakan promosi berbayar hashtag challenge. Jadi semakin banyak audiens yang memakai hashtag challenge kamu, semakin banyak pula yang mengenal bisnis milikmu.
- Kerjasama dengan Influencer TikTok
Nggak cuma di Instagram, kamu bisa mengajak influencer TikTok untuk endorse bisnis kamu. Tapi, pastikan bahwa audiens dari influencer tersebut sesuai dengan target bisnis kamu, ya.
- Gunakan TikTok Ads
Seperti fitur ads di platform media sosial lainnya, TikTok juga sudah menyediakan fitur TikTok Ads untuk para pebisnis. Kamu bisa memanfaatkan hal ini agar bisnis yang kamu promosikan bisa menjangkau banyak calon konsumen.
- YouTube
Dari total sekitar 150 juta pengguna internet yang ada di Indonesia, 88% penggunanya senang menggunakan YouTube untuk memutar konten video. Banyaknya jumlah pengguna YouTube ini sangat menguntungkan, karena kamu bisa membuat iklan YouTube, lalu mempromosikan bisnis milikmu.
Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan YouTube untuk bisnis, diantaranya:
- Branding bisnis
- Mendemonstrasikan produk
- Memecahkan masalah customer
- Meningkatkan brand awareness
Kamu bisa membuat konten video YouTube yang berhubungan dengan produk bisnis dan target konsumen. Pastikan untuk menggunakan SEO YouTube agar konten bisnismu bisa muncul di peringkat atas pencarian, ya.
- WhatsApp Bisnis
WhatsApp bisnis bisa digunakan untuk para pemilik bisnis agar dapat melakukan pemasaran via aplikasi chatting tersebut.
Ada beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan dalam WhatsApp Bisnis, diantaranya:
- Profil bisnis agar lebih dipercaya oleh calon konsumen
- Dapat membalas pesan secara otomatis
- Membuat katalog produk dari bisnis kamu
- Melabeli pelanggan
- Statistik pesan
Melalui semua fitur itu, kamu dapat memaksimalkan pemasaran via WhatsApp Bisnis dan menjangkau semua pelanggan yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.
- Line
Kabar baiknya, platform chatting yang serupa WhatsApp ini sudah memiliki fitur Line@, yaitu suatu platform yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis agar dapat menjalankan strategi marketingnya.
Line@ sudah terintegrasi dengan kontak yang ada di Line, sehingga kamu tidak perlu menyimpan ulang kontak yang sudah tersimpan di akun Line.
Selain itu, ketika kamu menyimpan link Line@ di website atau platform bisnismu lain, maka saat audiens mengkliknya, maka akun Line mereka akan tersimpan otomatis. Menariknya, Line juga memiliki fitur balas pesan otomatis dengan kata kunci yang bisa kamu sesuaikan, sehingga komunikasi dengan para konsumen tetap terjaga.
Saat ini, banyak pemilik bisnis yang melebarkan sayap bisnis mereka untuk dipromosikan melalui platform Twitter juga. Alasannya karena konten yang dibuat di Twitter mudah viral, tentunya dengan racikan konten yang menarik dan kreatif.
Selain itu, Twitter juga memilii fitur ads yang membuat kamu bisa menargetkan pengguna sesuai produk yang ditawarkan. Bahkan, adanya fitur hashtag membuat kamu dapat menarik banyak audiens Twitter. Kalau hashtag yang kamu buat trending, maka kesempatan bisnis dikenal banyak orang pun menjadi lebih besar.
LinkedIn terkenal sebagai platform media sosial yang digunakan khusus oleh para pencari kerja dan perusahaan. Namun, ternyata bukan hanya para pekerja saja, bisnis kamu pun bisa memanfaatkan LinkedIn untuk mempromosikan bisnis.
Kamu bisa posting beberapa konten menarik untuk meningkatkan brand awareness. Tidak hanya promosi produk, tetapi buat konten seputar tips, tutorial dan hal lainnya yang bermanfaat untuk para audiens.
LinkedIn juga memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis, seperti konten bersponsor, text ads, InMail bersponsor dan LinkedIn Analytics untuk melihat siapa saja yang mengunjungi LinkedIn bisnis kamu.
Facebook masih termasuk media sosial yang memiliki banyak pengguna, baik itu dari kalangan muda maupun tua. Kepopuleran Facebook ini dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan bisnis.
Kamu dapat membuat halaman khusus bisnis, lalu buat konten-konten menarik seputar produk bisnis untuk meningkatkan engagement dan brand awareness.
Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Facebook Ads agar bisa meningkatkan promosi bisnis dan menjangkau banyak pengguna Facebook sesuai target konsumen.
Nah, dari beberapa rekomendasi media sosial di atas, apakah kamu sudah menemukan media sosial yang cocok untuk bisnis kamu? Buat para promoter TipTip, kamu dapat memilih salah satu media sosial atau beberapa diantaranya untuk mempromosikan konten dari para kreator.
Oh iya, jika kamu tertarik untuk menjadi promoter TipTip juga, maka bisa langsung daftar melalui aplikasi TipTip, ya atau klik disini. Nantinya, kamu bisa mendapatkan uang tambahan juga, lho. Menarik sekali, kan?