Cara Memilih Topik Konten Sesuai Target, Cepat dan Mudah

influencer, girl, marketing-5229646.jpg

Cara memilih topik konten sesuai target mesti kamu perhatikan dengan baik agar mampu meningkatkan brand awareness dari perusahaan. Selain itu, topik konten yang sesuai dengan kebutuhan audiens membuat mereka semakin percaya dengan bisnis yang kamu miliki.

Oleh sebab itu, saat kamu melihat konten yang ada di media sosial maupun website, kamu dapat mengetahui bahwa isi dari kontennya tidak hanya jualan saja, ‘kan? Tetapi memberikan konten yang relevan serta dapat mengedukasi audiens terkait brand milikmu.

Buat kamu yang ingin mengetahui cara memilih topik konten sesuai target, yuk baca ulasannya sampai akhir, ya.

Kenapa Memilih Topic Konten Sesuai Target itu Penting?

Kebanyakan konsumen lebih memilih untuk melihat 4 sampai 5 konten dari sebuah brand terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa membuat topik konten sesuai target bisnis atau audiens sangat penting untuk diperhatikan.

Selain itu, ada beberapa alasan lain kenapa memilih topik konten sesuai target begitu penting, yaitu:

  • Topic konten yang sesuai target audiens mampu memberikan edukasi yang tepat dan masih berhubungan dengan brand bisnis
  • Dengan memilih topik konten sesuai target, kamu bisa memberitahu para audiens terkait bagaimana jasa atau produk dapat menyelesaikan masalah atau kekhawatiran mereka
  • Mampu meningkatkan loyalitas para audiens atau konsumen
  • Mampu menjaga hubungan antara bisnis dan audiens dengan baik.

Nah, bagaimana, sekarang sudah tahu ‘kan bahwa memilih topik konten sesuai target yang tepat sangat penting untuk kamu lakukan. Brand kecil maupun besar pun sangat memerlukan sebuah topik konten yang tepat dengan target audiens-nya agar bisnis bisa berkembang dengan baik.

Jenis-jenis Topic Konten yang Dapat Menarik Banyak Target

  • Review Produk

Review produk menjadi salah satu topik konten yang banyak dicari target audiens sampai kapanpun. Supaya kamu bisa menulis review produk dengan meyakinkan, pastikan untuk menelitinya dengan baik dan jujur saat membuat review tersebut.

  • Tutorial

Apabila kamu menguasai suatu bidang tertentu, kamu bisa membuat konten berupa tutorial. Namun, pastikan topik konten tutorial yang kamu buat sesuai dengan target audiens.

  • Perbandingan Produk

Saat memilih topik konten ini, kamu harus bisa mereview dua atau tiga produk dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Topik perbandingan produk mampu membantu audiens untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Cara Cepat (Life Hack)

Jika kamu ingin membuat topik konten ini, pastikan untuk memperhatikan terlebih dahulu masalah apa yang mungkin sedang dihadapi oleh target audiens. Sehingga, cara cepat atau life hack yang kamu buat bisa memecahkan atau menjadi solusi bagi masalah yang dimiliki target audiens.

  • Rekomendasi Film

Walaupun topik konten ini terlihat mudah, namun kamu harus menyusunnya dengan sekreatif mungkin. Kamu bisa memberikan rekomendasi film berdasarkan genre dan lainnya.

  • Tips

Topic konten seputar tips mesti kamu susun dengan menarik dan mampu membuat audiens tertarik untuk membaca atau melihatnya sampai akhir. 

  • Rekomendasi Hadiah

Rekomendasi hadiah masih menjadi seputar topik konten yang banyak dicari audiens. Jika kamu memiliki brand atau bisnis berupa produk-produk unik, konten seperti ini bisa menjadi pilihan karena sesuai dengan target audiens-mu.

  • Resep

Apabila target audiens yang kamu miliki berusia 25-34 tahun, topik konten berupa resep bisa menjadi pilihan. Terutama jika audiens sangat tertarik dengan resep masakan, minuman, cake dan lainnya.

  • Mitos vs Fakta

Topic konten seperti ini akan membuat target audiens penasaran dan mengajak mereka memeriksa lagi apa yang selama ini mereka ketahui.

  • Ulasan Jasa atau Layanan

Topik ulasan jasa atau layanan juga bisa menjadi pertimbangan untuk konten milikmu. Sehingga, audiens bisa mengetahui apakah jasa tersebut cocok baginya atau tidak.

  • Inspirasi Kegiatan Liburan

Terkadang ada beberapa orang yang tidak mengetahui kegiatan apa yang mesti dilakukan saat liburan. Kamu bisa mengambil topik konten ini untuk membantu mereka menemukan inspirasi kegiatan yang tepat saat ingin menghabiskan waktu liburan.

Jenis topik konten yang disukai audiens nyatanya masih banyak lagi, lho. Nah, untuk memudahkanmu dalam memilih topik konten sesuai target audiens dengan tepat, maka bisa menggunakan beberapa tools seperti di bawah ini.

Tools untuk Mencari Topic Konten Terbaik dan Populer

  • Google Trends
  • Quora
  • Media Sosial
  • Ahrefs
  • Google Search
  • Google Keyword Planner
  • Ubersuggest
  • SEMrush Keyword Tool

Cara Memilih Topic Konten Sesuai Target yang Tepat

Berikut beberapa cara memilih topik konten sesuai target yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Gunakan Tools Pencarian

Cara memilih topik konten sesuai target bisa kamu mulai dengan menggunakan tools pencarian populer. Kamu dapat menggunakan salah satu tools yang telah direkomendasikan sebelumnya, seperti Ahrefs, Google Trends, Google Search, Ubersuggest dan lainnya.

Untuk topik konten yang digunakan pastikan masih berhubungan dengan produk atau jasa yang kamu miliki. Sehingga, dapat mengedukasi target audiens sekaligus memberikan solusi terhadap masalah mereka. 

  • Bertanya kepada Target Audiens

Sebuah konten yang bagus adalah konten yang mampu menjawab permasalahan dari target audiens. Mereka yang merasa bahwa konten milikmu berguna pasti akan langsung datang dan melihat atau membaca seluruh konten yang disediakan.

Namun, jika konten yang dibuat tidak mampu menjawab atau memberikan solusi terkait permasalah audiens, mereka pun tidak akan datang ke tempatmu, lho

Oleh karena itu, pastikan untuk memberi pertanyaan kepada target audiens terkait apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, kamu bisa membuat topik konten sesuai keinginan target audiens dan meningkatkan brand yang kamu miliki dengan baik.

  • Riset Topic Konten dari Kompetitor

Cara memilih topik konten sesuai target berikutnya adalah melakukan riset dari konten milik kompetitor. Pilih kompetitor yang memiliki bisnis sama denganmu, lalu lihat konten seperti apa yang mereka miliki.

Dalam hal ini, kamu bukan meniru seperti apa konten milik kompetitor, ya. Tetapi mencari tahu hal yang kurang dan bisa kamu gunakan dalam konten milikmu nanti. 

  • Riset Hashtag dari Twitter

Riset hashtag dari Twitter juga bisa membantumu untuk memilih topik konten sesuai target audiens. Biasanya, Twitter akan memberikan rekomendasi hashtag setiap harinya.

Kamu bisa memilih salah satu topik dari hashtag yang tengah viral dan sesuai dengan target audiens. Sehingga, audiens pun akan senang menyimak konten darimu karena relevan dengan apa yang mereka inginkan.

  • Mengulik Konten dari Produk atau Brand Sendiri

Kamu juga bisa mengulik topik konten melalui produk atau brand sendiri. Cari tahu informasi apa yang dapat dijadikan sebagai ide konten bermanfaat untuk para target audiens. Sehingga, audiens tertarik untuk menyimak konten sekaligus menggunakan produk dari bisnis kamu.Itulah beberapa cara memilih topik konten sesuai target yang bisa kamu lakukan dengan tepat. Cari tahu terlebih dahulu apa yang diinginkan atau permasalahan apa yang sedang dimiliki oleh audiens. Dengan begitu, topik konten milikmu bisa relevan dengan target dan membantu mereka untuk mendapatkan solusi terbaik.