Digital marketing menjadi salah satu profesi yang paling populer di zaman serba canggih ini. Sebab, seseorang yang bekerja sebagai digital marketing mampu melakukan strategi promosi secara praktis dan efektif.
Buat kamu yang tertarik untuk improve skill dengan belajar digital marketing, kamu dapat melakukannya dengan mudah bersama TipTip, lho. Cukup gabung sebagai supporter di aplikasi TipTip, lalu pilih konten khusus belajar digital marketing.
Tenang saja, belajar digital marketing di TipTip gak perlu mengeluarkan biaya mahal, guys. Dengan biaya yang sangat terjangkau, kamu bisa mendapatkan ilmu tentang digital marketing yang dapat bermanfaat untuk karirmu nantinya.
Nah, kalau kamu penasaran ingin belajar digital marketing di TipTip, yuk simak dulu ulasan berikut sampai selesai, ya.
Apa Itu Digital Marketing?
Digital marketing merupakan suatu upaya pemasaran produk dengan menggunakan jaringan internet serta media digital, seperti WhatsApp Bisnis, Google Tools, Website, Instagram, Facebook, YouTube dan platform lainnya.
Melansir dari suatu data, faktanya pengguna internet yang ada di seluruh dunia sudah mencapai 4,8 miliar orang lebih, lho. Artinya, banyak orang yang terhubung dengan internet, sehingga upaya digital marketing sudah mulai diperlukan.
Melihat peluang emas seperti itu, berbagai perusahaan mulai meningkatkan bisnisnya dengan mengadopsi strategi digital marketing. Sehingga, perusahaan dapat menjangkau banyak target pasar secara luas dan efektif.
Oleh sebab itu, belajar digital marketing akan memberikan manfaat besar untuk kamu. Cek beberapa manfaat belajar digital marketing di bawah ini, ya.
Manfaat Belajar Digital Marketing
- Mampu Membuat Target Pasar yang Lebih Tepat
Dengan menggunakan tool digital marketing yang telah didesain sedemikian rupa, kamu bisa mendapatkan data yang akurat. Khususnya, terkait kebiasaan dan preferensi pengguna berdasarkan segmen pasar tertentu maupun terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
Dari sini, kamu dapat menyusun strategi sesuai untuk pasar yang ditargetkan, sehingga penerapannya bisa lebih efektif.
- Mampu Mengevaluasi Strategi Berdasarkan Data
Jika kamu sudah bisa menerapkan strategi digital marketing, maka kamu bisa melihat evaluasi serta analisis terkait pemasaran tersebut. Data-data seperti tingkat keberhasilan kampanye, jumlah pengguna yang membuka iklan dan lainnya bisa kamu manfaatkan untuk memperbaiki strategi digital sebelumnya.
Berdasarkan data yang akurat ini, kamu bisa meningkatkan efektivitas campaign supaya angka penjualan semakin melesat.
- Menjangkau Hampir Semua Pasar
Kamu pasti sudah tahu kalau dunia online itu tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Hampir selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu dan sepanjang tahun, jaringan-jaringan digital selalu terhubung ke berbagai wilayah di dunia.
Nah, belajar digital marketing menjadi suatu hal yang tepat agar kamu bisa menjangkau serta saling terhubung dengan berbagai pelanggan di seluruh dunia, kapan dan dimana saja.
Hasilnya, jasa atau produk yang kamu tawarkan menjadi selalu tersedia serta dapat dibeli kapan saja.
- Biaya Lebih Murah
Budget yang mesti dikeluarkan untuk digital lebih murah dibandingkan dengan pemasaran tradisional, lho. Soalnya, kamu tidak perlu mencetak poster atau membuang dana untuk iklan yang kurang efektif.
- Dapat Meningkatkan Reputasi Brand
Pastinya, dengan semakin banyaknya pengguna internet serta platform online, kamu bisa meningkatkan reputasi brand melalui pemasaran digital.
Sebagian besar pembeli umumnya akan mencari produk atau layanan terlebih dahulu di internet sebelum mulai memutuskan untuk melakukan pembelian.
Dengan menerapkan digital marketing, bisnis milikmu akan ditemukan secara mudah oleh calon pelanggan. Selain itu, mereka juga akan memberikan kepercayaan kepada brand kamu, sehingga membuat penghasilan dari bisnis semakin meningkat.
Skill yang Bisa Dikembangkan Saat Belajar Digital marketing
Saat kamu belajar digital marketing, kamu bisa mengembangkan beberapa skill lainnya untuk mendukung kelancaran digital marketing itu sendiri, seperti:
- Copywriting
Ketika belajar digital marketing, kamu bisa sekaligus mengembangkan skill copywriting yang dimiliki. Sebab, copywriting sangat penting dalam digital marketing agar bisa mengubah bahasa bisnis yang teknis ke dalam bahasa yang mudah dimengerti konsumen.
- Search Engine Optimization (SEO)
SEO (Search Engine Optimization) menjadi salah satu elemen penting dalam digital marketing. Kamu yang ingin terjun ke dunia digital marketing mesti menguasai SEO dengan baik agar dapat meningkatkan website bisnis yang dikelola masuk ke halaman pertama Google.
Dalam SEO, kamu harus bisa meriset kata kunci menggunakan beberapa tools yang disarankan, seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, Google Trend dan lainnya.
- Social Media Marketing
Skill yang dapat dikembangkan saat belajar digital marketing berikutnya adalah ilmu social media marketing.
Melalui skill ini, kamu dapat menentukan media sosial mana yang tepat untuk mengembangkan bisnis, misalnya, melalui Facebook, Instagram maupun Twitter.
Nantinya, kamu dapat mempelajari terkait variasi konten yang paling efektif, jam posting, cara berkomunikasi dengan followers dan sebagainya.
- Project Management
Sebenarnya, kreatif saja tidak cukup untuk menjadi seorang digital marketing profesional. Kamu juga mesti mengembangkan skill project management agar mampu menyusun strategi secara baik dan terukur.
- Marketing Automation and Technology
Saat mempelajari digital marketing, kamu harus bisa menjalankan tool Marketing Automation and Technology, guys. Sebab, tool ini dapat membantu mengoptimalkan strategi marketing yang dijalankan.
- Data Analysis
Memiliki keahlian data analysis akan memberikan kamu gambaran yang objektif terkait seberapa besar efektivitas pemasaran yang akan, sedang atau sudah dijalankan.
- Audience Building
Tak hanya beberapa keahlian sebelumnya, audience building pun menjadi skill yang dapat kamu kembangkan saat belajar digital marketing.
Audience building sendiri merupakan seni memikat target konsumen ke brand yang kamu miliki dan menjaga mereka agar tetap setia menggunakan brand milikmu.
Kamu dapat membangun audience melalui tiga pondasi, yaitu memahami konsumen, membuat konten yang dapat menarik perhatian konsumen, serta menjaga “engagement” dengan konsumen.
- Conversion Rate Optimization (CRO)
Hal yang mesti dioptimasi dalam digital marketing tak hanya konten untuk hasil pencarian saja. Melainkan conversion rate (persentase orang yang berhasil diubah menjadi pelanggan) pun mesti dioptimasi dengan baik.
Oleh sebab itu, kamu mesti bisa meramu pesan dengan tepat, membuat konten yang relevan, maupun user experience (UX) yang nyaman agar CRO menjadi semakin tinggi.
Gimana, Tertarik Buat Belajar Digital Marketing Bersama TipTip?
Setelah memahami ulasan di atas, ternyata ilmu digital marketing itu sangat luas, kan? Kamu dapat mempelajarinya secara perlahan bersama TipTip karena materi yang tersedia sangat mudah dimengerti.
Bahkan, hanya dalam waktu singkat, kamu bisa menguasai digital marketing dan mempraktekannya langsung dalam bisnis.
So, kalau kamu tertarik untuk improve skill dengan belajar digital marketing, kamu bisa segera mendownload aplikasi TipTip terlebih dahulu, ya. Selanjutnya, daftarkan dirimu sebagai supporter di aplikasi TipTip, hanya dalam waktu 1 menit saja, akun pun sudah berhasil kamu buat. Kemudian, kamu bisa membeli konten belajar digital marketing dengan harga murah meriah, namun ilmu yang didapatkan nantinya gak kaleng-kaleng, lho. Gimana, menarik sekali, kan?