Yuk, Pelajari Clickbait untuk Meningkatkan Viewers Kamu

technology, smartphone, telephone-3353701.jpg

Saat sedang scroll postingan di media sosial, terkadang kamu melihat ada sebuah artikel dengan judul yang bikin penasaran. Wajar saja, kamu pun langsung mengklik judulnya, namun setelah dibaca, ternyata informasi yang kamu dapatkan justru berbeda dengan judul tersebut. Nah, konten seperti itulah yang disebut dengan “clickbait” dan sering digunakan oleh para pembuat konten.

Namun, konten clickbait yang tidak memberikan informasi jelas, tentu akan membuat para pembaca merasa kesal, ‘kan? Soalnya, mereka merasa dibohongi atau menganggap kamu hanya menyebarkan hoax saja.

Meskipun clickbait mampu meningkatkan viewers konten, namun kamu harus menggunakan clickbait yang tepat dan benar, ya. 

Dengan begitu, para pembaca pun akan senang saat membaca konten kamu, ditambah viewers pun akan selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Jika kamu ingin mempelajari clickbait untuk meningkatkan viewers, maka bisa simak ulasan ini sampai selesai, ya.

Apa Itu Clickbait?

Jika diartikan secara bahasa, clickbait memiliki arti “umpan klik”. Namun, kalau secara istilah, clickbait merupakan pancingan yang dibuat dalam bentuk judul dengan tujuan mendorong audiens untuk mengklik konten yang diposting.

Jadi, gak heran rasanya kalau sekarang banyak yang menggunakan clickbait sebagai strategi konten marketing mereka.

Mungkin kamu sering melihat clickbait dari judul konten video YouTube. Nyatanya, clickbait bisa digunakan untuk semua konten yang membutuhkan klik agar bisa meningkatkan view, misalnya blog dan website.

Biasanya, judul yang mengandung clickbait akan memakai kata-kata yang menarik, mengandung emosi, sehingga membuat siapa saja yang membacanya penasaran untuk mengklik. 

Contohnya judul clickbait seperti ini, “Mau Dapat Penghasilan 500 ribu Per Hari? Inilah Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan”. Saat membaca judul tersebut, sudah pasti audiens merasa penasaran pekerjaan apa yang bisa menghasilkan 500 ribu per hari. Sehingga, mereka pun mulai mengklik dan membaca atau menonton konten tersebut.

Namun, perlu diingat, jangan terlalu melebih-lebihkan hingga memanipulasi judul clickbait, ya. Apalagi jika isi kontennya tidak relevan dengan judul. Bisa-bisa, pembaca akan kesal dan merasa kapok sudah membaca atau melihat konten kamu, lho

Hm, tentu kamu tidak ingin hal seperti itu terjadi, kan?

Apa Saja Manfaat Menggunakan Clickbait?

Seorang kreator yang bisa menggunakan clickbait dengan tepat, maka bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Dapat Meningkatkan Engagement

Judul yang mengandung clickbait mampu meningkatkan engagement konten kamu. Soalnya, judul yang menarik dan relevan dengan isi konten akan membuat audiens tertarik untuk mengklik, membaca atau menontonnya jika konten berbentuk video.

Fun fact, guys, ketika kamu membuat judul konten yang menarik dan bikin penasaran, viewers bisa auto share konten kamu ke media sosial miliknya, sehingga dapat dilihat oleh banyak audiens lainnya. 

Melalui klik yang dilakukan oleh audiens, maka CTR alias Click Through Rate, jumlah penonton sampai social share pun menjadi meningkat. Keren banget, ‘kan?

  • Menjadikan Kreator Lebih Kreatif

Wajar saja jika para kreator merasa kesulitan saat membuat judul clickbait yang benar dan tepat. Soalnya, kreator harus memikirkan dengan matang kata-kata yang bisa memancing rasa penasaran audiens agar mengklik judul konten yang dibuat.

Jadi, gak heran kalau semakin sering kamu membuat judul dengan clickbait, maka semakin meningkat pula kreativitas yang akan kamu miliki, terutama dalam permainan kata.

  • Meningkatkan Pendapatan Kamu

Siapa sih yang tidak ingin pendapatannya meningkat? Semuanya pasti mau, termasuk para kreator.

Nah, penggunaan clickbait pada judul konten ternyata bisa meningkatkan viewers, lho. Kalau viewers kontenmu meningkat, sudah pasti penghasilan yang akan didapatkan pun menjadi lebih besar.

Namun, perlu dicatat bahwa kamu tidak boleh menggunakan clickbait untuk memanipulasi judul, ya. Tetap gunakan bumbu clickbait secukupnya agar judul tetap menarik dan disukai oleh para audiens.

Tips Membuat Clickbait untuk Meningkatkan Viewers

Setelah mengetahui manfaat clickbait, kini saatnya kamu menyimak beberapa tips membuat clickbait untuk meningkatkan viewers dengan cepat, yaitu:

  • Pakai Part Paling Menarik untuk Judul

Kamu bisa membaca ulang konten sebelum mulai memberikan judul, lalu pilih bagian yang paling menarik. Selain itu, kamu bisa menggunakan angka untuk memancing rasa penasaran audiens. 

Misalnya, saat kamu ingin membuat sebuah konten tulisan tentang rekomendasi destinasi wisata di Jawa Barat, maka kamu bisa menggunakan judul seperti ini, “7+ Rekomendasi Destinasi Wisata di Jawa Barat Terpopuler di 2023”.

Dengan menggunakan angka “7+”, kata “terpopuler” dan tahun “2023”, audiens akan tertarik untuk mengklik karena penasaran wisata apa saja yang banyak dikunjungi terbaru di tahun tersebut.

  • Gunakan Teknik Teka-Teki Pada Judul

Selain menerapkan part menarik dari isi konten, kamu bisa menggunakan teknik teka-teki untuk judul, lho. Cara ini juga berlaku untuk digunakan pada judul konten YouTube. 

Misalnya, judul konten YouTube seperti ini, “Murah atau Mahal? Inilah Rincian Biaya Hidup Tinggal di Bandung.”

Dengan judul menggunakan teknik teka-teki, audiens harus mengklik judul konten itu agar mendapatkan jawaban murah atau mahalnya. Sehingga, konten YouTube kamu akan memiliki banyak klik setiap kali ada audiens yang kepo terhadap isi konten tersebut.

  • Pakai Kalimat yang Mampu Membangkitkan Emosi

Tips membuat clickbait untuk meningkatkan audiens juga bisa kamu lakukan dengan menggunakan kata-kata pembangkit emosi. Namun, pastikan kamu tidak memakainya secara berlebihan, ya.

Misalnya, kamu menyadari jika para blogger akan merasa takut dan khawatir saat blog atau website mereka menjadi susah untuk diakses. Nah, inti masalah ini bisa kamu jadikan judul clickbait berbentuk pertanyaan agar menimbulkan kesan bahwa kamu sangat memahami audiens. 

Setelah itu, buatlah kalimat yang menenangkan dengan cara memberitahu solusi yang bisa mereka lakukan.

Contohnya, Website Tiba-tiba Tidak Bisa Diakses? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya dengan Tepat!

  • Buat Para Pembaca Merasa Terlibat

Supaya pembaca merasa terlibat dengan konten kamu, maka bisa gunakan kata-kata seperti, “Mari, Yuk, pelajari atau pertanyaan relevan lainnya”.

Contohnya judul seperti ini, “Ingin Memulai Bisnis? Yuk, Simak 10 Ide Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Pemula”.

Dengan judul tersebut, audiens akan merasa bahwa konten itu sesuai bagi mereka sebagai pebisnis pemula. Selain itu, dengan adanya angka pada judul, audiens akan menyimak bersama-sama ide bisnis apa yang cocok bagi mereka. 

  • Pastikan Menggunakan Teknik Copywriting 

Supaya judul clickbait kamu semakin menarik, pastikan untuk menggunakan teknik copywriting, yaitu concise, relevant, unique serta useful.

Dengan teknik tersebut, judul yang kamu buat akan terlihat lebih singkat, padat dan jelas. Sehingga mudah dipahami audiens dan membuat mereka tertarik untuk mengkliknya.

Nah, itulah informasi seputar clickbait yang berguna untuk meningkatkan viewers konten kamu. Sebagai seorang kreator TipTip, kamu bisa mengaplikasikan berbagai tips di atas agar judul konten menjadi semakin menarik. Kalau menarik dan bikin penasaran, pasti akan banyak audiens yang mengklik konten kamu nantinya.